Jumat, 23 Agustus 2019

KIMIA BAHAN ALAM

PROSEDUR DAN TAHAP SCREENING
 POTENSI KIMIA BAHAN ALAM


screning fitokimia adalah sebuah langkah awal didalam suatu penelitian yang berhubungan dengan senyawa kimia dimana terdapat dalam kehidupan sehari hari atau yang berasal dari alam gunanya untuk memberikan sedikit gambaran mengenai golongan senyawa pada tanaman dan sangat banyak kandungan dimana pada saat diteliti \.

metode yang dapat digunakan pada screening fitokimia adalah dengan dilakukan untuk melihat reaksi pengujian warna dengan menggunakan pereaksi warna .dimana hal tersebut dangat berperan penting dalam screening fitokimia dan ektraksi dan bisa juga metodenya dengan pengujian fitokimia untuk melakukan ciri senyawa aktif atau efek racun atau bisa juga efek yang bermanfaat .adapun syarat syarat skrining fitokimia :

1. sederhana
2. selektif
3. peralatan minimal
4. selektif terhadap golongan senyawa yang dipelajari
5. bersifat semikuantitatif.

adapun uji uji screening fitokimia :
1. uji alkanoid
    Alkanoid merupakan suatu senyawa organik siklik adanya mengandung unsur nitrogen (N) dan dengan adanya bilangan oksidasi negatif dimana dalam penyebarannya sangat terbatas pada makhluk hidup.

2. uji flavonoid










3. uji fenolitk







4. uji triterpenoid dan steroid
     didalam uji triterpenoid dan steroid menggunakan metode heberman bouchard dengan cara ekstrak dilarutkan ke dalam kloroform lalu ditambahkan dengan pereaksi heberman bouchard ( asam asetat anhidrat - asam sulfat ) maka jika ditunjukkan ke arah positif terpenoid akan menghasilkan wana coklat ungu sedangkan steroid menghasilkan warna merah kecoklatan.

5. uji saponin









permasalahan :
1. bagaimana penjelasan dari masing masing alkanoid sejati ?
2. mengapa saponin hanya dapat larut dalam air tapi tidak pada eter ?
3. bagaimana penjelasan dari alkanoid gabungan dan alkanoid semu ?

3 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya Muhammad Yamin nim (A1C117047) menjawab no 2. Karena saponin merupakan buih-buih putih yang ada pada tumbuhan.. Saponin ini mudah larut dalam air karna air dapat membentuk buih yang stabil disamping itu air merupakan senyawa yang polar sedangkan eter merupakan senyawa yang tidak polar

    BalasHapus
  2. Saya melisa oktapiani NIM (043) akan menjawab pertanyaan no 3. Alkaloid gabungan merupakan turunan asam amino, atom nitrogennya tidak dalam bentuk cincin heterosiklik. Alkaloid gabungan bersifat basa, dialam diturunkan dari biosintesis asam amino itu sendiri. Sedangkan Alkaloid semu yaitu basa tumbuhan yang mengandung nitrogen heterosiklik, memiliki aktifitas dan tidak mempunyai hubungan biosintesis dengan asam amino. Alkaloid semu diturunkan dari senyawa-senyawa terpenoid turunan asam asetat dan asam poliketonlifatik.

    BalasHapus
  3. Nama : yossy mahardani
    Nim : A1C117034
    Saya akan mencoba menjawab no. 1 alkanoid sejati adalah yang berasal dari protein dimana terdapat cincin heterosiklik yang berikatan dengan nitrogen.
    Semoga membantu

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...