Sabtu, 12 Oktober 2019

KONSEP TEORITIS BIOMOLEKUL YANG MELIPUTI GULA DAN KARBOHIDRAT,ASAM AMINO ,PROTEIN

KONSEP TEORITIS BIOMOLEKUL YANG MELIPUTI GULA DAN KARBOHIDRAT,ASAM AMINO ,PROTEIN

Hasil gambar untuk GAMBAR BIOMOLEKUL

secara umumnya biomolekul ini juga pembentuk suatu organisme hidup dan memiliki sifat yang sangat khas. jika secara teoritis nya sebagai hidrokarbon merupakn suatu kerangka besar dimana pada dasarnya terdapat senyawa atom karbon dan hidrogen dan disusun oleh atom karbon sehingga dia akan digabungkan oleh ikatan kovalen dan bersifat stabil . kemudian biomolekul sendiri memiliki fungsi yaitu :
 1. karbohidrat berperan sebagai sumber energi karena ia sebagai komponen pembentuk membran dan dinding sel.
2.  karena adanya hormon dan pembentukkan membran sehingga protein ini sangat berperan sekali sebagai alat transpor (enzim).
3.  didalam sebuah protein biasanya ada yang pengatur biosintesisnya dan pembawa energi sehingga asam nukleat ini berperan sebagai faktr genetika (koenzim).

jenis jenis biomolekul 

1. karbohidrat 

Hasil gambar untuk struktur karbohidrat

pada dasarnya karbohidrat ini sendiri sudah sering kita jumpai pada bahan makanan dan juga sudah ditemukan pada binatang maupun tumbuh tumbuhan dan karbohidrat memilki fungsi sebagai sumber energi terhadap suatu penyusul sel pada tumbuhan dan biosintesisnya juga. karbohidrat memiliki rumus umumnya Cn(H2O)m adanya aldehid dan dan keton ia sebagai gugus fungsional dari karbohidrat dibawah ini ada klasifikasi dari karbohidrat : 


Hasil gambar untuk struktur karbohidrat  

2. asam amino dan protein 

Gambar terkait
jadi didalam asam amino ini sendiri memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (-NH2) dan memiliki sifat asam pada gugus karboksil sedangkan memberikan sifat basa pada gugus amina pada suatu larutan sehingga dia asam amino ini sendiri memilik sifat yang amfoterik. 
Hasil gambar untuk struktur asam amino

dan penggolongam dari asam amino ini sendiri berdasarkan pada sifat dan rantai samping (-R) dan dapat digolongkan menjadi 

A. asam amino dengan R non polar.
b. asam amino dengan R polar.
c. asam amino dengan muatan R polar bermuatan 


Hasil gambar untuk struktur asam amino
sedangkan protein merupakan suatu polipeptida yang mempunyai bobot molekul yang sangat bervariasi mulai dari 5000 hingga lebih. dan protein ini sendiri terbentuk dari ikatan antarmolekul asam amino (ikatan peptida) sehingga nanti 2 molekul asam amino dapat mengalami berikatan (berkondensasi)

Hasil gambar untuk struktur protein
gambar. struktur protein 
permasalahan :
1. pada dasarnya  biomolekul atom karbon dan hidrogen nanti  akan disusun oleh atom karbon kemudian dapat digabungkan dengan ikatan kovalen sehingga bersifat stabil ? bagaimana penyebab dari ikatan kovalen itu dapat bersifat stabil ketika melakukan penyusun baik atom karbon maupun hidrogen . 
2. coba jelaskan secara teoritis mengapa galaktosa memiliki kadar rasa manisnya itu rendah padahal kan sama sama bagian dari monosakarida ?
3. jelaskan mengapa asam amino ini memilki titik lebur yang sangat tinggi daripada asam karboksilat 

4 komentar:

  1. Asalamualaikum wr wb
    Saya ruslan rabani dengan nim a1c117028 akan coba menyelesaikan permasalahan no 2

    Secara teoritis galaktosa memang kurang manis dibandingkan dengan yg lainnya, karena seperti kita ketahui galaktosa terdapat pada susu murni sblm ada penambahan gula lainnya, jika kita bandingkan dengan fruktosa maka tentu kadar manisnya akan lebih manis fruktosa. Secara logika saat kita makan buah atau madu tentu rasanya alan lebih manis dibandingkan air susu sapi murni.

    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. Saya Lara (A1C117062)
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 1.
    secara umumnya biomolekul ini juga pembentuk suatu organisme hidup dan memiliki sifat yang sangat khas. jika secara teoritis nya sebagai hidrokarbon merupakn suatu kerangka besar dimana pada dasarnya terdapat senyawa atom karbon dan hidrogen dan disusun oleh atom karbon sehingga dia akan digabungkan oleh ikatan kovalen dan bersifat stabil.
    Karena ikatan tunggal dan ikatan ganda karbon-karbon menggunakan pasangan elektron bersama-sama secara merata. Biomolekul bersifat polifungsional mengandung dua atau lebih jenis gugus fungsi yang berbeda. Pada molekul tersebut, tiap gugus fungsi memiliki sifat dan reaksi kimia sendiri-sendiri.

    BalasHapus
  3. No.3 asam amino bertitik lebur tinggi karena memiliki gugus aktif amina dan karboksil sekaligus zat ini dapat dianggap sebagai asam atau basa. Pada ph tertentu gugus amina pada asama amibo menjadi bermuatan positif sedangkan gugus karboksilnya bermuatan negatif ini Lah yang membuat asam amibo memiliki titik lebur tinggi dibanding asam karboksilat

    BalasHapus
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...