Senin, 14 Oktober 2019

potensi dan pemanfaatan alkaloid untuk makhluk hidup

POTENSI DAN PEMANFAATAN ALKALOID UNTUK MAKLHUK HIDUP 
minggu lalu kita sudah mempelajari mengenai pengertian, struktur alkaloid sekarang kita memasuki tahap potensi pemanfaatan senyawa alkaloid yang terdapat dalam kehidupan sehari hari jadi alkaloid ini banyak sekali dijumpai dialam umunya alkaloid berasal dari tumbuh tumbuhan dengan berbagai jenis ragam tumbuhan tersebut dan alkaloid ini juga sangat sedikit mengandung 1 atom nitrogen . dan alkaloid ini juga mempunyai keaktifan baik itu secara pengobatan ataupun yang lainnya tetapi disini alkaloid ini juga bisa beracun . dan alkolois bisa juga ditemukan pada tumbuhan berbiji, daun,ranting dan kulit batang dan juga ditemukan dalam kadar yang kecil dari segera dipisahkan dari berbagai camouran senyawa yang rumit dari jaringan tumbuhan. adapun pemanfaatan alkaloid dalam kehidupan sehari hari yaitu :
1. Daun kelor 

Hasil gambar untuk gambar daun kelor

daun kelor setelah diuji oleh peneliti dia positi memgandung alkaloid dan ia berperan sebagai antibakteri dan daun kelor ini sangat banyak sekali manfaatnya pada bidang kesehatan yaitu menurunkan kadar gula, menyehatkan mata,mengobati kanker  menurunkan,kolesterol,sebagai anti penuaan ,menyehatkan pencernaan, mengurangin peradangan,mengobati cacingan dan masih banyak lagi.

2. Daun pule

Khasiat Manfaat Pule Pandak Untuk Kesehatan Salah Satunya Sebagai Antihipertensi


daun pule ini juga termasuk tumbuhan yang mengandung senyawa alkaloid yang berperan sebagai antihipertensi dan daun pule ini sangan banyak sekali manfaatnya misalnya menghilangkan rasa sakit kepala,sakit tenggorokan,,muntah,demam karena flu, gangguan jiwa,luka memar,radang empedu,sakit perut akibat disentri .

3. daun asam
Hasil gambar untuk gambar daun asam
daun asam ini juga salah satu jenis tumbuhan yang termasuk golongan alkaloid yang banyak sekali manfaatnya bisa sebagai pengobatan kudis , meyembuhkan penyakit kuning dan diabetes dan sebagai penghambat terjadinya malaria . 

4. daun seledri 

daun seledri ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita mendengarkannya apalagi sangat daun seledri ini juga banyak terdapat dipasar selain digunakan untuk bahan memasak ternyata daun seledri juga banyak digunakan untuk obat yaitu  bisa menyembuhkan penyakit rematik, menurunkan tekanan darah,batuk,mata dan kering dan daun seledri ini juga termasuk golongan tumbuhan yang mengandung alkaloid.

permasalahan :
1. diblog saya sudah dijelaskan bahwa daun kelor ini mempunyai peran sebagai antibakeri menurut anda bagaimana cara kerja antibaketri terhadap daun kelor sehingga bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti dapat menurunkan kadar kolesterol?
2. senyawa alkaloid ini dikenal banyak sekali dimanfaatkan untuk pengobatan tapi mengapa senyawa alkaloid ini bisa beracun jelaskan?
3. bagaimana cara kerja daun asam yang dapat menyembuhkan penyakit kuning dan diabetes?





4 komentar:

  1. Saya Rd. Abdurrahman (A1C117015) no. 2 menurut saya beberapa alkaloid memang bersifat racun bagi tubuh karena mengandung mengandung senyawa aktif yang berbahaya bagi tubuh misalnya saja nikotin. nikotin mertupakan salah satu golongan lakaloid yang terdapat dalam tembakau dan meninmulkan fek buruk bagi tubuh jika dikonsumsi oleh tubuh dpt mempengaruhi fungsi tubuh sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit hingga kematian. adapun dimanfaatkan sebagai obat beberapa golongan alkaloid juga dapat membantu kesehatan nanusia contohnya quinin untuk obat malaria.

    BalasHapus
  2. 3. Daun asam memiliki senyawa yang bisa meningkatkan fungsi kinerja organ hati dan organ inilah yang menjadi penyakit kuning. Para penderita diabetes atau tingginya kadar gula di dalam darah dapat menggunakan daun asam untuk meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, yang berfungsi mengontrol gula darah. Insulin merangsang sel di seluruh tubuh untuk mengambil glukosa dari aliran darah Anda. Sel-sel tersebut kemudian mengubahnya glukosa sebagai energi. Daun asam juga bisa membantu kinerja empedu dalam menyaring darah dan kotoran sehingga anda akan terhindar dari penyakit kuning.

    BalasHapus
  3. 1. Daun kelor dapat meyembuhkan berbagai penyakit contohnya menurun kadar kolesterol. Karena adanya peran dari senyawa bioaktif yaitu peran sitosterol pada daun kelor ini. Dimana bisa meningkatkan fungsi usus untuk menyerap lemak yang membuat kadar kolesterol yang beredar dalam darah dapat diturunkan.

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...