Senin, 14 Oktober 2019

KARBOHIDRAT

KONSEP TEORITIS BIOMOLEKUL 
(KARBOHIDRAT)

Hasil gambar untuk CARBOHYDRATE STRUCTURE
pada dasarnya karbohidrat ini sendiri sudah sering kita jumpai pada bahan makanan dan juga sudah ditemukan pada binatang maupun tumbuh tumbuhan dan karbohidrat memilki fungsi sebagai sumber energi terhadap suatu penyusul sel pada tumbuhan dan biosintesisnya juga. karbohidrat memiliki rumus umumnya Cn(H2O)m adanya aldehid dan dan keton ia sebagai gugus fungsional dari karbohidrat dibawah ini ada klasifikasi dari karbohidrat : 

adapun sumber sumber makanan karbohidrat adalah

GandumUbi
KentangJagung





SingkongPisangSayuran HijauKacang-kacangan


disini proses metabolisme karbohidrat didalam tubuh tidak hanya terdapat dengan adanya pembentukkan glukosa dan energi contohnya seperti penyakit diabetes melitus , penyakit intoleransi laktosa dan hal ini sering didapatkan pada produk susu dan berbagai macam produk olahan lainnya dan ketika kita mengonsumsi makanan karbohidrat tentunya nanti akan menghasilkan glukosa dengan melewati proses terjadinya pencernaan dan dia akan memasuki ke sel sel tubuh untuk melakukan proses metabolisme dan nanti ada tahaoan yang namanya glikolisis pada tahap ini dia akan memecah gula sehingga terbentuk energi ATP . stelah itu ia akan menuju ke tahap dekarboksilasi oksidatif dimana ia nanti menghasilkan asetil Co-A kemudian menuju pada tahp siklus krebs dimana pada tahap ini karbondioksida dan nanti akan memiliki atom c sehingga ia akan bergabung dengan koenzim A asetil KoA akan bergabung dengan asam oksalo asetat yang menghasilkan asam sitrat. Satu molekul asetil KoA akan menghasilkan 12 ATP dan satu molekul glukosa yang masuk kedalam tubuh akan menghasilkan 38 ATP.


Hasil gambar untuk mekanisme gabungan dari proses glikolisis sampai transpor elektron


1. Glikogenesis: proses perubahan glukosa menjadi glikogen
2. Glikogenolisis: proses pemecahan glikogen menjadi glukosa 
3 .Glikolisis: proses pemecahan glukosa menjadi energi dalam bentuk ATP
4. Glukoneogenesis: proses pengadaan glukosa  

Dokpri












permasalahan 
1. jelaskan apa yang menyebabkan pada saat kita kekurangan mengonsumsi karbohidrat,tubuh kita sering rentan terserang flu ?
2. bagaimana jika seseorang melakukan diet dengan mengurangin mengonsumsi karbohidrat apakah tubuh mereka rentan masuknya penyakit dan apakah sistem metabolisme nya turun coba dijelaskan? 
3. saya pernah membaca suatu artikel bahwa gula pasir itu adalah disakarida dan pada saat saya praktikum gula pasir itu fruktosa . jadi bagaimana anda menanggapi masalah tersebut dan jelaskan sebenarnya gula itu termasuk disakarida atau fruktosa ?

4 komentar:

  1. Saya M.Raidil
    Nim A1C117006
    Akan coba menjawab permasalahan yang ketiga, menurut saya gula pasir itu termasuk kedalam disakarida, dan gula pasir itu bukan fruktosa melainkan bagian dari disakarida yaitu sukrosa. Terimakasih semoga membantu.

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no.2
    Iya, dengan diet karbohidrat dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan metabolisme tubuh juga menurun jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. hal inibterjadi karena glukosa merupakan prioritas utama sel untuk oksidasi menghasilkan energi, jika glukosa tidak cukup maka yang akan terjadi didalam tubuh yaitu proses glukogenolisis yang dapat mengubah glikogen (lipid) menjadi energi. namun jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama sedangkan aktivitas membutuhkan energi yang banyak, maka itulah yang menyebabkan metabolisme tubuh menurun yang dapatvmengakibatkan tubuh rentan penyakit

    BalasHapus
  3. 1. menurut saya karna jika kita Kekurangan karbohidrat membuat daya tahan tubuh kita itu lemah. Lemahnya daya tahan tubuh akan membuat kita mudah terkena penyakit flu. selain itu juga Karbohidrat berfungsi dalam produksi antibodi yang melawan penyakit seperti flu dan demam. sehingga itu lah yang menyebabkan kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan flu dan penyakit lainnya.
    semoga membantu:)

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...