Jumat, 30 Agustus 2019

KIMIA ORGANIK 3

PERSENYAWAAN KIMIA ORGANIK HETEROSIKLIK 

Hasil gambar untuk GAMBAR SENYAWA HETEROSIKLIK
A. PENGERTIAN PERSENYAWAAN KIMIA ORAGNIK 
     suatu ilmu kimia yang mempelajari mengenai senyawa tentunya terdapat sintesis, sifat sifat dan penerapan dari senyawa heterosiklik maka hal tersebut disebut dengan persenyawaan kimia organik heterosiklik. didalam persenyawaan kimia organik heterosiklik ini terdapat sebuah struktur cincin dimana atom karbon selain nitrogen (N), oksigen (O), belerang (S) letaknya pada cincin itu.
    bisa kita simpulkan bahwa senyawa heterosiklik adalah suatu senyawa siklik dimana terdapat cincin atom yang berbeda bahkan sampai 1 atom atau lebih. senyawa heterosiklik ini banyak ditemukan pada alkanoid misalnya seperti morfin, nikotin dan kokain 


adapun penggolongan senyawa  heterosiklik dengan berdasarkan kerangka struktur induk :

pada senyawa heterosiklik ini juga penting dialam misalnya klorofil,
sitokrom,heme.









B. STRUKTUR FURAN, PIROLA DAN TIOFENA 
     Dari struktur senyawa pirol, senyawa furan, dan senyawa tiofen tersebut terdapat  suatu senyawa misalnya unsur nitrogen dimana unsur nitrogen ini dalam keadaan pirol ia akan memberikan 2 elektron ke pi aromatik. sehingga nantinya ia bersifat iakatan kimia yang kurang elektron atau biasa dikenal dengan istilah tuna elektron .
 
didalam senyawa heteroslik dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan jenisnya sebagai berikut :
1.senyawa heterosiklik aromatik ialah suatu senyawa yang mempunyai cincin benzena, memilki sifat siklik ( rantai tertutup), tak jenuh .
2. senyawa heterosiklik non aromatik ialah suatu senyawa yang memilki sifat alifatik (rantai terbuka) bedanya dengan senyawa heterosiklik aromatik mempunyai cincin benzena sedangkan senyawa heterosiklik non aromatik ini tidak mempunyai cincin benzena sehingga mereka bisa bersifat jenuh dan tak jenuh dan lebih mudah bereaksi.

permasalahan :
1.bagaiamana bisa dikatakan bahwa senyawa heterosiklik banyak ditemukan pada golongan alkanoid?
2.kenapa piridina tidak dapat diakilasi dengan benzena pada saat melewati reaksi friedel crafts ?
3.berikan alasan mengapa jika senyawa heterosiklik dialam cukup penting ?

3 komentar:

  1. Halo cindy!!
    Saya infirna dengan nim A1C117008, disini saya mencoba membantu menyelesaikan permasalahan no.3 mengapa senyawa heterosiklik ini sangat penting? Nah sebagian senyawa heterosiklik ini menyusun senyawa biologis dalam kehidupan kita seperti nukleat, vitamin, hormon dll. Oleh karena itulah senyawa heterosiklik ini penting keberadaan nya di alam.
    Terimakasih, senoga membantu

    BalasHapus
  2. Hallo Cindy..
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan no.1. menurut saya karna senyawa heterosiklik ini sendiri dikatakan sebagai senyawa yang mengandung alkanoid, dimana alkanoid ini adalah senyawa yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen pada suatu rantai siklik atau bisa dikatakan pada suatu cincin. Alkanoid ini didalamnya terdapat unsur atom yaitu diantaranya, carbon, hidyrogen, Oksigen Dan nitrogen.
    Terimakasih. Semoga membantu 🙏

    BalasHapus
  3. (A1C117074) akan mencoba menjawab no2.
    2. Piridina tidak dapat mengalami reaksi alkilasi fc karena sifatnya berbeda dengan benzena. Piridina yang bersifat polar karena adanya N yang pada dasarnya nitrogen ini memiliki sifat elektronegatif yang dapat mengurangi elektronnya . Oleh karena itu tidak dapat bereaksi pada alkilasi fc. Terimakasih. Semoga membantu.

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...