Jumat, 20 September 2019

KIMIA BAHAN ALAM

KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR FLAVONOID 
Hasil gambar untuk GAMBAR FLAVONOID

Definisi dari senyawa flavonoid merupakan suatu senyawa yang memiliki 15 atom karbon dimana senyawa ini disusun konfigurasi C6-C3-C6 bisa kita artikan bahwa adanya sebuah cincin aromatik yang akan dihubungkan dengan 3 atom karbon yang bisa membentuk cincin ketiga atau juga tidak bisa membentuk cincin ketiga. senyawa flavonoid ini sering disebut dengan senyawa folifenol senyawa flavonoid ini juga sering ditemukan pada tumbuhan hijau daun . dan didalam golongan senyawa flavonoid ini juga mengalami cincin benzena yang tersubtitusi dimana C6 -C3 -C6 adanya kerangka karbon yang terdiri atas dua gugus C6 .

Hasil gambar untuk struktur flavonoid

struktur senyawa flavonoid 

didalam golongan senyawa falvonoid dilihat berdasarkan cincin heterosiklik oksigen dan gugus hidroksil yang nantinya akan tersebar menurut pola yang berlainan. senyawa flovonoid banyak ditemukan sebagai glikosida dan senyawa flavonoid ini juga memiliki cincin piran yang mana dapat menghubungkan rantai 3 karbon salah satunya adalah benzena 

klasifikasi flavonoid berdasarkan strukturnya 

Hasil gambar untuk klasifikasi flavonoid berdasarkan strukturnya
dari berbagai struktur flavonoid ini sangat banyak tapi hal tersebut bukan karena adanya variasi melainkan ada aturan berdasarkan tingkat hidroksilasi,alkoksilasi,glikosilasi pada struktur tersebut. senyawa flavonoid seperti flavon,flavanol dan antosianidin banyak sekali dijumpai dialam sedangkan calcon,auron,katecin,flavanon dan leukoantosianidin itu sangat sedikit dijumpai dialam . 

Hasil gambar untuk contoh senyawa flavonoid
gambar: contoh dari senyawa flavonoid 

permasalahan :
1. bagaimana hubungan antara senyawa flavonoid dengan glikosida? sehingga senyawa flavonoid  itu banyak ditemukan pada glikosida beri tanggapan mengenai hal tersebut .
2. mengapa senyawa flavonoid seperti flavon,flavanon dan antosianidin sangat banyak terdapat dialam ?
3. bagaimanakah peran dari senyawa flavonoid sebagai antioksidan ?

3 komentar:

  1. (033) saya akan menjawab nomor 1
    Menurut saya senyawa flavonoid banyak terdapat pada glikosida itu dikarenakan struktur dari senyawa flavonoid yang terdiri dari konfigurasi C6-C3-C6 itu memiliki satu ikatan glikosidik atau glikosida sehingga senyawa flavonoid ini banyak ditemukan pada glikosida.

    BalasHapus
  2. 2. Senyawa flavonoid banyak terdapat dialam karena senyawa ini merupakan suatu metabolit sekunder yang dihasilkan oleh tumbuhan itu sendiri. Pada tumbuhan terjadi peristiwa fotosintesis yang mana kurang lebih 2% karbon yang terdapat dalam tumbuhan difotosintesis menjadi flavonoid dengan berbagai struktur termasuk flavon, flavanon dan antosianidin. Karena jumlah tumbuhan yang sangat banyak maka ketersediaan flavonoid di alam juga akan melimpah.

    BalasHapus
  3. Saya Agustri Manda sari (A1C117035) akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 3. Menurut saya peran flavonoid dalam antioksidan adalah ketika senyawa flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan itu dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia terutama dapat menjadi pelindung tubuh dari serangan bakteri penyakit. Sehingga fungsi sebagai antioksidan disini maksudnya senyawa flavonoid dapat menjadi pelindung tubuh.

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...