Kamis, 26 September 2019

POTENSI DAN PEMANFAATAN FLAVONOID UNTUK MAKHLUK HIDUP


POTENSI DAN PEMANFAATAN FLAVONOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

Hasil gambar untuk GAMBAR MANFAAT FLAVONOID
Sebelum kita memasukin apa apa saja yang termasuk pemanfaatan flavonoid yang terdapat dalam kehidupan sehari hari dimana gunanya sebagai ramuan obat tradisonal disini yang dimaksud dengan flavonoid ini biasanya berasal dari tumbuhan yang telah diolah biasanya lebih dari 200 tumbuhan karena senyawa flavonoid ini juga terdiri dari 15 atom karbon yang cakupan nya sudah luas bahkan diseluruh dunia.sebenarnya ada beberapa bagian dari senyawa flavonoid berdasarkan kelompoknya ada flavon,flavanol dan antosianin dimana bisa kita jelaskan bahwa flavonoid ternyata sering dijumpai pada sel epidermis da beberapa bagian juga terdapat pada sel vakuola bagian terluar begitu juga antosianin yang biasanya terdapat pada bunga yang mana pigmen lebih cenderung warna biru,ungu dan merah dan dalam antosianin ini juga sering terdapat pada buah tertentj,batang ,daun bahkan akar.
Adapun pemanfaatan dari flavonoid untuk makhluk hidup :
1. rosella
Hasil gambar untuk gambar rosella
Pemfaatan flavonoid juga terdapat pada Bungan rosella dimana dalam ekstrak rosella ini sangat banyak sekali manfaatnya diantaranya dapat mengobati penyakit kolestrol yang tingkatannya kategori tinggi, hipertensi dan diabetes tipe 2

2. sirsak 
Hasil gambar untuk gambar sirsak
Nah disini buah sirsak ternyata sangat banyak juga ya manfaatnya buah ini ya dibilang sangat unik tapi juga terkandung fenol didalamnya diantaranya kelompok bagian dari senyawa flavonoid dan buah sirsak ini juga mampu untuk menyembuh penyakit hipertensi dan kanker karena didalam buah sirsak ini juga terdapat vitamin C,E dan potassium selain  itu juga buah sirsak ini juga dapat membantu penangkal radikal bebas karena didalam buah sirsak ini ada mengandung antioksidan.

3. belimbing wuluh
Hasil gambar untuk gambar belimbing wuluh
pemanfaatan flavonoid ternyata juga terdapat pada buah belimbing wuluh biasanya belimbing ini banyak sekali ya buah buah yang bergantung pada batangnya dan buah inipun juga banyak sekali manfaatnya bisa juga buat pembersih kuku, untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker, kolesterol tinggi bahkan diabetes karena dalam belimbing wuluh ini terdapat vitamin c ,asam oksalat,tannin, asaam amino dan termasuk senyawa flavonoid.

4. apel
Hasil gambar untuk gambar apel 
Jika kita lihat buah apel ini sering ya dijumpai dimana mana ada jual nya ternyata buah apel ini juga ada mengandung flavonoid nya dan juga banyak sekali pemanfaatannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit pemulihan kenaikan asam lambung, serangan jantung ,mengendalikan asma

5. kacang kedelai
Hasil gambar untuk gambar kacang kedelai 
Ternyata dalam kacang kedelai ini merupakan salah satu sumber yang terkandung senyawa flavonoid didalamnya dimana kacang kedelai ini juga sangat banyak sekali manfaatnya seperti bisa mencegah kanker payudara, menurunkan kadar gula yang sangat tinggi, mengurangin kolestrol .

permasalahan :
1.mengapa jika kita mengonsumsi belimbing wuluh secara berlebihan akan mendapatkan dampak negatif dari sisi kesehatan kita padahal kan belimbing wuluh ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit , bagaimana tanggapan anda menurut kejadian tersebut ?
2. mengapa buah apel ini bisa dikatakan untuk menyembuhkan penyakit kenaikan asam lambung? bukankah buah apel ini jjuga mengandung  asam jika kita konsumsi secara berlebihan dapat  menyebabkan kenaikan asam lambung? berikan tanggapan anda mengenai kejadian tersebut 
3. didalam pemanfaatan senyawa flavonoid bagaimana cara kerja buah sirsak ini sehingga dapat digunakan sebagai membantu penangkal radikal bebas ?

3 komentar:

  1. saya yuli pertiwi (020)
    saya akan menjawab permasalahan pertama.
    seperti kita tahu bahwa konsumsi apapun itu secara berlebihan memang tidaklah baik, sekalipun yang dikonsumsi itu memiliki banyak manfaat. sebenarnya konsumsi berlebihan belimbing wuluh ini dapat berbahaya bagi yang mempunyai penyakit ginjal. dimana zat neurotoxin yang ada pada belimbing wuluh akan memberikan bahaya dan bersifat toksik bagi penderita ginjal.
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya akan menjawab permasalahan ke 2.
    Menurut saya, mengkonsumsi sesuatu yg berlebihan memang tidak akan baik bagi tubuh.Malah akan mengakibatkan efek samping lain yang akan muncul. Konsumsi buah apel yang bermanfaat dalam menurunkan asam lambung sebaiknya adalah buah apel merah bukan sejenis apel hijau. Karena pada apel hijau terkandung asam didalamnya,yang nantinya jika dikonsumsi bukan malah menyembuhkan tetapi malah dapat menyebabkan asam lambung kita naik.

    BalasHapus
  3. 3. Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini mengandung antioksidan seperti fenol (sejenis flavonoid), potasium, vitamin C, E. Kandungan ini dikatakan berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti kanker dan hipertensi. Antioksidan pada sirsak juga dapat membantu mengurangi radikal bebas.

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...