Kamis, 05 September 2019

Polisiklik dan reaksi perisiklik

POLISIKLIK DAN REAKSI PERISIKLIK 


1. Senyawa polisiklik 
      berbicara mengenai senyawa polisiklik tentunya  terdapat sistem cincin biasanya sistem cincin ini terdapat 2 atau lebih dan pada senyawa polisiklik sangat mempunyai hubungan  sangat erat diantara cincin gabungan atau disebut dengan (fased ring) bisa juga dengan jembatan (brige/condesed ring). adapun contoh dari senyawa polisiklik sebagai berikut :

                naftalen 

pada senyawa polisiklik rupanya steroid ini juga sangat penting didalam kehidupan dan steroid ini dalam kehiduoan berperan sebagai hormonal .

Hasil gambar untuk gambar kerangka steroid dalam hormonal

2. Reaksi perisiklik 
     reaski perisiklik ini menjelaskan mengenai suatu cincin yang dilakukan secara langsung melalui 1 tahap dimana bisa dikatalis oleh cahaya dan juga kalor (q).adapun pembagian dari reaksi perisiklik sebagai berikut:
a. reaksi sikloadisi yaitu pada reaksi sikloadisi dapat menjelaskan mengenai adanya 2 molekul yang tidak jenuh (pi) untuk membentuk suatu produk cincin (jenuh). adapun bagian bagian dari reaksi sikloadisi :
 * siklo adisi (2+2) 
 * siklo adisi (4+2)
b. reaksi elektrosiklik yaitu suatu poliena yang terkonjugasi oleh reaksi siklisasi


c. penataan ulang sigmatropik yaitu suatu atom yang pindah ke posisi lain dalam suatu reaksi perisiklik. dan didalam penataan ualng sering disebut sebagai reaksi isomerasi sebagai mana halnya reaksi elektrosiklik.


permasalahan :
1.
Dari gambar dia atas mengapa pada posisi alfa lebih dominan jika dibandingkan dengan posisi beta ?
2. coba anda uraikan bagaimana pengaruh panas dan ultraviolet terhadap senyawa perisiklik ?
3. menurut pendapat anda bagaimana jika tidak ada sinar uv didalam reaksi perisiklik apa yang akan terjadi ?





5 komentar:

  1. Saya vinni sridayanti nim A1C117030 akan mencoba menyelesaikan permasalahan no. 1
    untuk reaksi pada soal di atas dapat dijelaskan melalui struktur resonansi zat antara pada posisi alfa dan beta. dimana substituen pada posisi alfa memiliki 2 struktur cincin benzen pada intermediet, sedangkan resonansi pada posisi beta hanya memiliki satu struktur cincin, sehingga posisi alfa mempunyai energi aktivitas (Ea) yang lebih rendah daripada posisi beta. hal inilah yang menyebabkan posisi alfa lebih dominan daripada posisi beta.
    semoga membantu

    BalasHapus
  2. hai, saya Siti May Saroh dengan NIM A1C117048 akan mencoba menjawab permasalahan no 3. menurut saya, kalau tidak ada sinar uv dalan reaksi perisiklik. maka, tidak terbentuknya suatu senyawa siklik begitu juga pada proses pemutusan ikatan pi maka hal tersebut tidak terjadi karena untuk terjadinya hal tersebut sinar uv sangat diperlukan karena dalam reaksi perisiklik ini juga berlangsung pada 1 tahap dimana dikatalis oleh sinar uv

    BalasHapus
  3. Saya Ira Desmila dengan nim a1c117010 akan coba membantu menyelesaikan permasalahan kedua

    Jadi pengaruh cahaya maupun panas sebenanrnya membantu mempercepat atau menjadi katalis dalam tahapan perisiklik

    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...