Jumat, 13 September 2019

kmia bahan alam

KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR TERPENOID 

Hasil gambar untuk GAMBAR STRUKTUR TERPENOID

terpenoid ini sering kita jumpai dalam kehiduoan sehari hari seperti pada tumbuhan terdapatlah terpenoid karena tumbuhan itu adanya senyawa hidrokarbon jadi kata kata terpenoid merangkum besar senyawa tumbuhan karena dalam kata kata ini adanya biosentesis dari semua senyawa tumbuhan itu dari senyawa yang sama pula. dari semua terpenoid yang berasal molekul isoprene.  bisa kita lihat dari stukturnya terpenoid adanya penggabungan dari isoprena baik itu  alifatik maupun siklik sehingga dari hal tersebut mengandung ikatan rangkap, gugus karbonil,gugus hidroksi dan lain lainnya .
Hasil gambar untuk gambar struktur isoprena



pada stuktur isoprene dijelaskan adanya kaidah yang menjadi. ciri khas dari sebagian terpenoid sehingga dapat dijadikan dasar penetapan terpenoid, sehingga dapat digunakan sebagai dasar penetapan struktur terpenoid adapun sifat fisik dan sifat kimia dari terpenoid sebagai berikut :
sifat fisik 
* memilki bau aroma yang khas
* bisa larut dalam pelarut organik misalnya seperti eter dan alkohol
* memiliki indeks bias yang tinggi 
* memiliki kerapatan lebih kecil daripada air
* kalau dilihat dari bentuknya dia bentuk cairan tapi tidak bewarna tetapi jikalau mengalami oksidasi dia akan berubah menjadi warna gelap.

sifat kimia 
* termasuk senyawa tidak jenuh dalam arti ada alifatik maupun siklik
* kebanyakan salam bentuk seperti kiral (isoprenoid) sehingga terjadi dalam 2 bentuk enantiomer.

didalam biosintesa ada bentuk isopren yang aktif yaitu isopentenil pirofosfat (IPP) dan dimetilalil pirofosfat (DMAPP). jadi dalam masing masing kedua isopren ini harus ada untuk keperluan sintesa terpenoid oleh organisme. kalau bicara masalah mengenai manfaat tentunya terpenoid ini banyak manfaatnya bisa sebagai minyak atsiri, resin pinus dan tumbuhan yang lainnya .jadi adapun pengelompokkan senyawa terpenoid seperti monoterpen ,seskuiterpen, diterpen,triterpen, politerpen. 


permasalahnnya .
1. mengapa terpenoid larut dalam lemak dan terdapat dalam sitoplasma sel tumbuhan.?
2. didalam identifikasi terpenoid bagaimana cara kita untuk mengetahui adanya senyawa terpenoid dalam suatu sampel ?
3.mengapa senyawa terpenoid dikategorikan sebagai komponen aktif dalam tumbuhan ?



3 komentar:

  1. Karena senyawa terpenoid merupakan hidrokarbon dari tumbuhan yang teroksigenasi. Senyawa terpenoid banyak terdapat dalam komponen tumbuhan. Contohnya saja seperti pada komponen minyak atsiri, dimana terpenoid tersebut banyak manfaat bagi tumbuhan tersebut baik dalam mencegah hama, insektisida, festisida dll.

    BalasHapus
  2. Saya Enung Sundari
    Nim A1C117056
    Ajan menjawab pertanyaan no 2
    Dimana dapat digunakan pereaksi lieberman-burchard (anhidrida asam asetat dan H2SO4 pekat) senyawa terpenoid akan menunjukan warna merah sampai ungu jika direaksikan dengan pereaksi liebermann-burchard

    BalasHapus
  3. nama : yossy mahardani
    nim : A1C117034
    saya mencoba menjawab. no.1
    pada dasarnya terpenoid merupakan senyawa turunan dari isoprena yang mana meiliki ranrai terbuka sehingga dapat dengan mudah untuk larut dalam lemak. dan sitoplasma merupakan tempatyang terdapat organ sel sehingga terdapat kandungan seperti lemak untuk menempakan organ .
    semoga membantu:)

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...