Rabu, 09 Oktober 2019

senyawa poliena dan kaitannya dengan spektro UV-VIS

SENYAWA POLIENA DAN KAITANNYA DENGAN SPEKTRO UV-VIS

Hasil gambar untuk tabel spektrum tampak warna warna komplementer

didalam senyawa poliena rupanya ada kaitannya dengan spektro uv-vis yaitu proses dalam mengukur intensitas sinar ultraviolet  beserta panjang gelombang dan nantinya cahaya itu lebih tampak dilihat oleh suatu sampel dan pada senyawa poliena yang berkaitan dengan spektro uv-vis ternyata mempunyai energi yang berkecukupan sehingga bisa mempromosikan suatu elektron pada kulit terluar pada tingkatan energi yang lebih tinggi. spektrometer yang menggunakan radiasi elektromagnetik ultraviolet dengan jarak dekat sekitar 190 - 380 nm dan sinar tampaknya dari 380-780 nm dan dalam penggunaan spektrofotometer UV-VIS yaitu :
1. dapat menganalisis suatu senyawa organik secara kuantitatif dengan menggunakan lambert-beer.
2. didalam suatu senyawa menjelaskan informasi struktur panjang gelombang maksimum
3. pada suatu senyawa organik dapat menentukan jenis kromofor dimana terdapat ikatan rangkap yang terkonjugasi dan auksokron.

gambar. mekanisme spektrosfotometri 

pada suatu spektrum dapat dilihat dari warna ultra ungu dan pada suatu sinar yang terdiri dari satu atau bisa juga beberapa sebagian absorpsi yang lebar karena pada semua molekul dapat menyerap radiasi dalam uv itu sangat tampak.maka dari itu ia mengandung elektron walaupun elektron tersebut dipakai secara bersama maupun tidak sehingga elektron dapat dieksitasi pada tingkatan yang lebih tinggi. Suatu konjugasi yang cukup tinggi bisa menggeser suatu puncak absorbsi hingga panjang gelombang daerah sinar itu bertambah sehingga menghasilkan pada senyawa menjadi berwarna dan bisa kita lihat contohnya dari likopen yang terdapat pada tomat .

Hasil gambar untuk Gambar Struktur Likopen, zat pemberi warna merah pada beberapa sayuran dan buah-buahan seperti tomat
struktur likopen pada tomat



permasalahan :
1. sinar UV-VIS jika memiliki energi yang berkecukupan bisa melakukan mempromosikan elektron pada kulit terluar dan bagaimana menurut pendapat anda jika tingkatan energinya tidak berkecukupan apakah bisa melakukan proses mempromosikan elektron pada kulit terluar ? 
2. bagaimana penyebab bisa  terjadinya transisi pada sinar UV-VIS terutama pada elektron d dan f ?
3.bagaimana penyebab konjugasi yang cukup tinggi bisa menggeser suatu puncak absorbsi hingga panjang gelombang daerah sinar itu bertambah sinar sehingga menghasilkan pada sebuah senyawa menjadi berwarna ? Beri tanggapan anda 


4 komentar:

  1. Saya akan menjawab permasalahan pertama, jika energinya tidak cukup tentu tidak dapat melakukan promosi. Karena untuk mendorong elektron keluar dibutuhkan energi minimum untuk melakukannya. Jika tidak cukup tentu elektron tidak dapat terpromosi

    BalasHapus
  2. Sebelumnya perlu diketahui bahwa unsur-unsur Blok D mengabsorpsi pada bidang uv-vis. Penyebab terjadinya transisi pada golongan F adalah elektron pada orbital F di mana unsur-unsur transisi dalam ini mempunyai puncak yang sempit akibat interaksi elektron 4F ataupun 5F. Pita atau ruang sempit tadi diakibatkan karena efek screening (pelindung) orbital untuk transaksi transisi 3D dan 4D yang mempunyai pita yang lebar dan terdeteksi dalam daerah tampak.

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab pertanyaan no.3
    Dimana jika cahaya diteruskan/dipantulkan. Apabila cahaya polikromatis berisi seluruh spektrum panjang gelombang melewati medium tertentu, akan menyerap panjang gelombang lain sehingga medium tampak berwarna.

    BalasHapus
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...