Jumat, 01 Maret 2019

mekanisme bersaing SN 1 sama E 1


MEKANISME BERSAING SN 1 SAMA E 1

 dari berbagai pembahasan mengenai mekanisme SN 1 maupun E1 ini. untuk mencapai sebuah produk yang stabil sehingga dapat bereaksi dengan nukleofil. yaitu salah satu caranya dengan menggunakan karbokation . tentu saja itu adalah reaksi SN 1 kemudian , karbokation ini juga dapat memberikan sebuah proton pada basa saat terjadinya reaksi eliminasi sehingga nantinya produk adalah alkena. 
 

Direaksi SN 1 maupun E 1 terjadinya pembentukkan ion karbonium yang dikatakan sebagai tahap penentu laju diantara reaksi kedua tersebut. Dilihat secara keseluruhannya, reaksi Sn 1 maupun E 1 ini, memiliki ciri khas yang dapat menunjukkan kinetika order pertama dengan reaksi yang hanya bergantung kepada konsentrasi alkil halida saja. Karena direaksi ini hanya melibatkan 1 pereaksi dalam keadaan transisi.sehingga reaksi E 1 yaitu unimolekul sama hal nya seperti SN 1.
 

Pada reaksi SN 1 maupun E 1 terjadinya pelarut polar contohnya ion hidroksida, ion alkoksida dan amida. basanya sangat lemah dan sama sama disukai oleh nukleofil sehingga tidak terjadinya struktur yang bertentangan pada senyawa ini menggunakan heteroalkil tersier.
sehingga reaksinya itu lebih cepat beda lagi dengan SN 2 dan E 2 dia menggunakan heteroalkil primer sehingga reaksinya berjalan lambat persaingan antara kedua reaksi tersebut.



PERMASALAHAN :

1. mengapa pada reaksi SN 1 maupun E 1 sama sama disukai oleh nukleofil ?
2. apa faktor yang menyebabkan terjadinya persaingan antara reaksi SN 1 dan E 1?
3. apa faktor yang menyebabkan  reaksi SN 1 dan E 1 terjadi pembentukkan ion karbonium ?



 

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  2. Khairil Liza2 Maret 2019 04.38
    Saya Khairil Liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 2.
    Yang menyebabkan terjadinya reaksi bersaing antara reaksi SN1 dan E1 adalah karena nukleofil yang terdapat dari kedua reaksi tersebut bersifat lemah dan pelarut yang digunakan adalah pelarut yang bersifat polar, sehingga menyebabkan alkil halida dengan nukleofil dan basa dari kedua reaksi tersebut sewaktu - waktu dapat membentuk suatu campuran.

    BalasHapus
  3. Nama : Kurnia Aulia
    Nim : A1C117068

    Baiklah disini saya akan mencoba menjawab permasalahan dari cindy yaitu pada permasalahan no 3
    Disini cindy bertanya apa faktor yang menyebabkan  reaksi SN 1 dan E 1 terjadi pembentukkan ion karbonium ?
    Menurut pendapat saya reaksi SN1 dan E1 ini bisa terjadi pembentukan ion karbonium dikarenakan pelarut dari SN1 dan E1 itu bersifat polar sehingga dia bisa memudahkan proses terbentuknya ion karbonium.

    Baiklah itu lah jawaban dari saya
    Semoga bisa membantu 🙏

    BalasHapus
  4. Saya ira desmila nim A1C117010 akan mencoba menjawab pertanyaan no 1 Pada reaksi sn dan e1 sama sama disukai oleh nukleofil karena pada reaksi ini nukleofil sangat penting dikarenakan nukleofil sebagai reagen yang memiliki peranan penting.

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...