Rabu, 23 Oktober 2019

KARAKTERISASI SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM (2) lanjutan

 KARAKTERISASI SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM


Daidzein.svg

gambar struktur daidzein

Daidzein  (7-hydroxy-3-(4-hydroxyphenyl)-4H-chromen-4-one) adalah suatu senyawa alami yang sering ditemukan secara terpisah pada tanaman kedelai dan sejenis kacang kacangan lainnya jika dilihat berdasarkan strukturnya daidzein itu termasuk kelas senyawa dari isoflavon. jadi nanti daidzein dan isoflavon lainnya akan diproduksi ditanaman melalui jalur fenil propanoid dari metabolisme sekunder sehingga akan digunakan sebagai pembawa sinyal dan respons pertahanan terhadap serangan patogen jika pada manusia kegunaan dari daidzein sebagai pengobatan misalnya dapat meredakan kolesterol darah dan menurunkan beberapa resiko beberapa kanker terkait dengan hormon dan penyakit jantung.

Hasil gambar untuk synthesis of daidzein

gambar struktur turunan daidzein 

pada struktur turunan daidzein menjelaskan bahwa jika terjadi subtitusi keton doganti dengan jembatan eter kemudian pada penomoran 3 diganti dengan gugus OH maka akan menhasilkan glycinol . kemudian glycinol diturunkan menjadi 2 struktur yaitu  glyceolidin 1 dan glyceolidin II dimana sama sama dengan penambahan gugus benzene dan cabang sebanyak 2 (CH3) sehingga disebut dengan dimetil tetapi yang menjadi pembedana adalah jika pada glyceolidin I terdapat diatas sedangkan glyceolidin II. 

A. Glyceolidin I diturunkan menjadi struktur glyceolilin I dimana pada sturktur tersebut penomoran 7 yaitu gugus OH nya terdapat 2 cabang (CH3) sehingga disebut dengan dimetil.

B.glyceolidin II diturunkan menjadi 2 struktur yaitu :
 * glyceolilin I yaitu dimana terdapat pergantian gugus OH pada penomoran 7 menjadi jembatan eter sama halnya dengan glyceolidin I cuman cara letaknya saja yang berbeda jika glyceolili I diatas sedangkan glyceolilin II dibawah .
 * glyceolilin II terdapat pergantian juga benzene diganti dengan jembatan eter dan OH nya diganti menjadi menjadi alkena

biosintesis glisolin I dari prekursor daidzein mengarah pada penggabungan 1) cincin 7,8-fenol dari struktur kromanon di mana cincin beranggota enam dibentuk melalui hubungan eter13,14 dan 2) pusat bagian di mana ikatan bifenil yang berputar bebas dalam daidzein menjadi struktur pterocarpan yang kaku dalam glyceollin I. Kedua atau salah satu modifikasi struktural dapat bertanggung jawab untuk pembalikan fungsional aktivitas ER. Pemodelan molekul menggunakan struktur kristal ERα menunjukkan bahwa daidzein dapat masuk ke dalam kantong pengikat ERα ketika reseptor dioptimalkan dengan 17β-estradiol (E2) dan 4-hydroxytamoxifen (4-OH-TAM), sedangkan glikolollin hanya dapat memenuhi mengantongi ketika struktur kristal ERα dioptimalkan dengan 4-OH-TAM.sifat antiestrogenik potensial dari daidzein analog dengan memodifikasi gugus fungsional 7-hidroksil sambil menjaga kerangka daidzein tetap utuh. 

Kami mulai dengan analog yang secara struktural identik dengan glyceollin I pada substitusi cincin 7 dan 8 tetapi tanpa moitas pterocarpan. Menggunakan pemodelan molekuler sebagai alat pemandu, kami merancang dan mensintesis 8 analog daidzein tambahan yang bervariasi dalam substitusi 7-O. Kami juga mengevaluasi efek analog daidzein dan daidzein pada aktivitas transkripsi estrogen responsif (ERE), afinitas pengikatan ERα, kelangsungan hidup sel kanker payudara MCF-7 MCF, kelangsungan hidup kolonial sel kanker, ekspresi gen PgR, dan docking ERα. Akhirnya, kami melakukan studi in vivo tentang efek anti-estrogenik dari analog yang paling kuat pada tumorigenesis sel MCF-7 menggunakan model mouse xenograft. Studi hubungan aktivitas struktur pada analog daidzein ini mengungkapkan hilangnya progresif dari aktivitas agonis ER bersamaan dengan akuisisi aktivitas antagonis ER dengan penggantian hidrogen 7-OH dengan berbagai kelompok hidrofobik.

Gambar terkait
permasalahan :

1. jika dilihat dari stuktur kolesterol kan terdapat gugus fungsionalnya alkena dan alkohol yang ingin saya tanyakan menurut pendapat anda mana yang lebih mudah  proses pelepasan H+ antara alkena atau alkohol tolong dijelaskan ?
2.mengapa steroid adalah sistem 4 cincin yang telah bergabung cincin A,B,dan C beranggotakan 6 atom karbon sedangkan cincin D beranggotakan 5.
3. coba anda buatlah jenis tumbuhan steroid apa saja yang terdapat khasiatnya sehingga dapat diaplaksikan dalam kehidupan sehari hari ?



4 komentar:

  1. saya yuli pertiwi (020)
    3. tumbuhan yang mengandung steroid ini seperti daun piladang. dimana daun ini dapat digunakan sebagai antiinfilamasi dalam kehidupan sehari-hari. antiinflamasi sendiri adalah golongan obat yang digunakan untuk menekan gejala inflamasi.
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya Ariyansyah
    NIM A1C117050
    Saya akan mencoba membantu pertanyaan no 2, sebelum kita memberi nama maka kita harus tau terlebih dalu aturan dalam pemberian nama senyawa, pada kasus ini ugus fungsi atau subtituen harus diberi no sekecil mungkin sehingga terjadilah seperti yang telah disebutkan.

    BalasHapus
  3. Hai Cindy..
    saya akan mencoba membantu menjawab permasalahan nomor satu, dimana yang mudah melepaskan H+ yaitu alkena, karena alkena mudah terkonjugasi, maka dari itu pelepasan H+ yang terlebih dahulu dilakukan oleh alkena. sedangkan pada struktur kolesterol dimana gugus OH nya sulit untuk melepaskan H+.

    BalasHapus
  4. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK

KEKUATAN ASAM BASA DALAM KIMIA ORGANIK Hallo teman teman minggu lalu kita sudah membahas mengenai sintesis sintesis organic kemudian pad...